Rabu, 26 Februari 2014

Pembimbingan Akademik



Proses pembimbingan akademik yang diterapkan pada Program Studi ini dalam hal-hal berikut: 

1 Tujuan pembimbingan

          Memberi bantuan kepada mahasiswa  agar dapat menyelesaikan  studi secepatnya dan memilih bidang tugas sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya. Bentuk  kegiatan  berupa  konseling  pribadi, konseling pendidikan dan bimbingan karier oleh dosen penasehat akademik. Konseling pribadi yaitu bimbingan yang berkaitan dengan masalah-masalah pribadi  dan  cara-cara  pemecahannya. Konseling  pendidikan  yaitu  bimbingan  yang berkaitan  dengan  masalah  akademik. Bimbingan karier mahasiswa yaitu bimbingan yang ditujukan untuk membantu dalam memilih lapangan kerja serta karier yang sesuai. Dalam pelaksanaannya,  kegiatan  bimbingan  dan konseling tidak hanya dilakukan pada setiap pengisian  Kartu  Rencana  Studi namun juga dilakukan sewaktu-waktu di luar jam  perkuliahan  terutama  bagi  mahasiswa yang membutuhkan bimbingan intensif. Setiap dosen  penasehat akademik diharapkan  dapat  memonitor  perkembangan studi setiap mahasiswa yang di bimbingnya. Dalam pelaksanaannya, apabila masalah yang dihadapi mahasiswa tidak dapat di selesaikan oleh penasehat akademik, maka diperlukan rujukan bimbingan dan konseling ke tingkat Fakultas. Hasil  yang  diharapkan  adalah  mahasiswa dapat  berhasil  dengan  baik  selama melaksanakan  studinya  ditunjukkan  dengan Indeks Prestasi tiap semester dan mahasiswa mampu  mengembangkan  pribadinya  agar menjadi manusia yang dewasa, mantap dan bertanggung jawab.

 2 Pelaksanaan pembimbingan

           Dalam  pelaksanaannya,  kegiatan  bimbingan dan  konseling  tidak  hanya  dilakukan  pada setiap  pengisian  Kartu  Rencana Studi namun juga dilakukan sewaktu-waktu di  luar  jam  perkuliahan  terutama  bagi mahasiswa  yang  membutuhkan  bimbingan intensif. 

3 Masalah yang dibicarakan dalam pembimbingan

           Bentuk  kegiatan  berupa  konseling  pribadi, konseling pendidikan dan bimbingan karier oleh dosen penasehat akademik. Konseling pribadi yaitu bimbingan yang berkaitan dengan masalah-masalah pribadi  dan  cara-cara  pemecahannya. Konseling  pendidikan  yaitu  bimbingan  yang berkaitan  dengan  masalah  akademik. Bimbingan karier mahasiswa yaitu bimbingan yang ditujukan untuk membantu dalam memilih lapangan kerja serta karier yang sesuai.

 4 Kesulitan dalam pembimbingan dan upaya untuk mengatasinya

          Dosen  penasehat Akademik  menjumpai  mahasiswa  dengan masalah-masalah pribadi yang secara tidak langsung  dapat  mempengaruhi  prestasi belajarnya  sehingga  mahasiswa  yang bersangkutan memerlukan bimbingan intensif. Apabila dosen wali mengalami kesulitan dalam pembimbingan  tersebut  dan  tidak  dapat menyelesaikan  masalah yang dihadapi oleh mahasiswa,  maka  diperlukan  rujukan bimbingan dan konseling ke tingkat Fakultas.

 5 Manfaat yang diperoleh mahasiswa dari pembimbingan

         Dapat mengatasi masalah perkuliahan sejak dini dan masa perkuliahan berjalan sesuai dengan rencana. Selama melaksanakan  studinya  ditunjukkan  dengan Indeks Prestasi tiap semester.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

© Sosiologi Universitas Dayanu Ikhsanuddin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena