Rabu, 26 Februari 2014

Layanan kepada Mahasiswa



Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa

1. Bimbingan dan Konseling.

         Bentuk kegiatan berupa konseling pribadi, konseling pendidikan dan bimbingan karier oleh dosen penasehat akademik. Konseling pribadi yaitu bimbingan yang berkaitan dengan masalah –masalah pribadi dan cara – cara pemecahannya. Konseling pendidikan yaitu bimbingan yang  berkaitan  dengan  masalah  akademik.  Bimbingan  karier  mahasiswa  yaitu bimbingan yang ditujukan untuk membantu dalam memilih lapangan kerja serta karir yang sesuai. Dalam pelaksanaannya, kegiatan bimbingan dan konseling tidak hanya dilakukan  pada  setiap  perwalian  (pengisian  Kartu  Rencana  Studi)  namun  juga dilakukan sewaktu-waktu di luar jam perkuliahan terutama bagi mahasiswa yang membutuhkan bimbingan intensif. Setiap dosen wali diharapkan dapat memonitor perkembangan studi setiap mahasiswa yang dibimbingnya. Dalam pelaksanaannya,apabila masalah yang dihadapi mahasiswa tidak dapat diselesaikan oleh dosen wali, maka diperlukan rujukan bimbingan dan konseling ke tingkat Fakultas. Hasil  yang  diharapkan  adalah  mahasiswa  dapat  berhasil  dengan  baik  selama melaksanakan  studinya (ditunjukkan dengan  Indeks Prestasi tiap semester) dan mahasiswa mampu mengembangkan pribadinya agar menjadi manusia yang dewasa, mantap dan bertanggung jawab. 

2 Minat dan bakat (ekstra kurikuler)

        Bentuk kegiatan berupa pembinaan dan pengembangan minat, bakat dan kegemaran mahasiswa terhadap kegiatan ekstra kurikuler tertentu.  Kegiatan pembinaan dan pengembangan  minat,  bakat  dan  kegemaran  ini  dilakukan  baik  melalui  wadah kelembagaan (Senat Mahasiswa Ilmu sosial dan ilmu politik) maupun kelompok dan perorangan. Dalam pelaksanaannya selalu berupaya untuk memberikan fasilitas seperti pendanaan, penyediaan sarana kegiatan olahraga, kesenian serta sarana kegiatan lainnya, mendatangkan pelatih dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti kegiatan – kegiatan diluar kampus.  Setiap mahasiswa dapat mengikuti dan menjadi anggota salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas yang diminatinya dengan memenuhi ketentuan dari masing-masing UKM.  Dalam hal ini, peran dosen penasehat akademik dan dosen pembimbing kemahasiswaan sangat diperlukan. Hasil  yang  diharapkan  adalah  mahasiswa  dapat  menampung,  menyalurkan  dan mengembangkan minat, bakat dan kegemaran guna meningkatkan kreativitas dan idealisme mahasiswa serta memberi wawasan kepemimpinan dan keunggulan. Hasil  yang  diharapkan  adalah  mahasiswa  dapat  menampung,  menyalurkan  dan mengembangkan minat, bakat dan kegemaran guna meningkatkan kreativitas dan idealisme mahasiswa serta memberi wawasan kepemimpinan dan keunggulan.

 3 Pembinaan soft skills

           Layanan pembinaan soft skills diberikan dalam bentuk pelaksanaan berbagai kegiatan pengembangan diri antara lain Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi mahasiswa baru; peningkatan kesadaran dan spiritualitas mahasiswa melalui kegiatan dakwah kampus (mentoring);  program  pengembangan  kreativitas  mahasiswa  di  bidang penalaran dan pembinaan kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi; memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa tingkat lanjut dan berbagai pelatihan peningkatan soft skill mahasiswa yang berfokus  pada  leadership  dan  ketrampilan  berkomunikasi  serta  meningkatkan kemampuan kewirausahaan (enterpreneurship) mahasiswa dalam berbagai bentuk kegiatan  kewirausahaan  praktis.  Dalam  pelaksanaannya,  peran  pembimbing kemahasiswaan sangat diperlukan. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan soft skill Mahasiswa.

 4 Beasiswa

         Pelayanan beasiswa selama ini diperoleh BPM, BBM, Kompensasi BBM, PPA dan Bidik Misi yang pelaksanaanya sesuai dengan syarat perolehan beasiswa. Hasil yang diharapkan yaitu dengan adanya beasiswa dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih meningkatkan kualitas SDM dan ketrampilan.

5 Kesehatan

      Pelayanan kesehatan melalui pemerikasaan kesehatan gratis bagi mahasiswa, alumni dan dosen Sosiologi.

6 Iman dan Takwa

           
            Pelayanan dalam bimbingan iman dan takwa melalui lembaga dakwah kampus. Hasil yang diharapkan adalah meningkatnya iman dan ketakwaan mahasiswa serta kecerdasan emosional dan spiritual.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

© Sosiologi Universitas Dayanu Ikhsanuddin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena